Welcome

Delete this widget from your Dashboard and add your own words. This is just an example!

Logistik

Senin, 17 Januari 2011

Sebuah bidang pekerjaan yang mengasyikkan, dinamis dan penuh tantangan. Logistik di Indonesia dalam pengamatan saya belum menjadi hal yang prioritas untuk dikembangkan dan terfokus. Unit usaha lebih mementingkan profit dan terkadang lupa bahwa logistik adalah salah satu faktor penting yang memberi kontribusi besar pada profit unit usaha. Tetapi nampaknya ke depan era nya akan berubah, perusahaan-perusahaan besar telah concern pada bidang logistik. Lihat saja lowongan-lowongan pekerjaan yang mencantumkan kata-kata : “Supply Chain Management“. “Inventory“. “Distribution Center“, Distribution Center  Manager”, “Warehouse Manager”, dll…

Di luar negeri, logistik adalah salah satu cabang ilmu dari manajemen operasi. Begitu banyak modul perkuliahan yang terabsorb dari teori yang dikembangkan di luar negeri, terkadang saya berpikir apakah teori logistik seperti yang mereka bilang mampu menjawab kebutuhan di Indonesia. Meminjam salah satu quotes dari Albert Einstein “If the fact didn’t match with Theory, change the fact”, jadi apa yang kurang jika fakta lapangan sulit bertemu dengan teori-teori? Kompleksitas variable logistik merupakan salah satu penyebab bias nya teori dipraktekkan, dalam hal ini sejumlah teori dari Manajemen Logistik atau sekarang sudah terintegrasi dalam ilmu Manajemen Rantai Pasok haruslah bisa dapat diimplementasikan di lapangan. Kurangnya praktisi yang menguasai secara detail mengenai ilmu bidang logistik menarik minat saya untuk mempelajari lebih dalam mengenai logistik, namun tambah mempelajari dan sekaligus beberapa kali bersinggungan dengan pekerjaan membuat mata terbuka bahwa tidak semua teori dapat terjadi seideal yang dikatakan pada teori itu. Informasi di buku, Browsing internet dan melihat model lain dari kasus logistik di sekitar merupakan pengayaan ilmu yang penting, karena apa yang dilihat dari tempat bekerja hanyalah sejumlah kecil kejadian dan belum tentu banyak mewakili ilmu logistik secara keseluruhan. Keilmuan logistik di luar negeri telah dipelajari sampai jenjang yang lebih tinggi dari S1, dengan tag line Master bidang logistik maka tentunya dalam bayangan saya isi dari pelajaran di dalamnya tentu sangat terfokus dalam ranah logistik. Lalu bagaimana di Indonesia? Fakultas Manajemen atau Teknik Industri memang mempelajari logistik, namun perlu disadari bahwa ketika S1 dari sekitar 150 SKS yang dipelajari maka paling tidak hanya sekitar 15 SKS yang berhubungan dengan logistik? Atau ada yang lebih? Jenjang S2 atau S3 bidang logistik juga belum saya dengar ‘bunyinya’, jika ada apakah lulusannya sudah concern di bidang logistik?
Salah satu keinginan menulis mengenai logistik didasari kepada rendahnya pengetahuan saya mengenai logistik dan cenderung lebih berhadapan pada praktek di sekitar gudang logistik tentunya menghambat pengetahuan yang “benar” mengenai ilmu logistik itu sendiri, namun ketika memiliki modal sedikit ilmu dan praktek mengenai logistik maka membuat keinginan menulis mengenai logistik cukup besar.
Berikut beberapa tulisan mengenai Logistik, tulisan didasarkan hanya pada pengalaman-pengalaman sekitar saja. Keinginan juga akan menuliskan beberapa teori, karena saya sendiri cukup sering mendownload bahan logistik. Browsing di internet, google, yahoo, maka kita akan menemukan sejumlah artikel menarik mengenai logistik, bahkan ada beberapa bahan yang merupakan perkulihan S2 di luar negeri loh!
Berikut ada sedikit update contoh-contoh operasional logistik dengan menggunakan teknologi tinggi (cirinya terkomputerisasi dan banyak mengganti tenaga manusia dengan mesin) :


Penggunaan teknologi menggantikan orang pada warehouse membuat efisiensi biaya variabel (gaji) namun memunculkan biaya investasi yang tidak kecil. Feasibility study yang detail serta segala resiko dan simulasi operasional didukung data-data diperlukan untuk instalasi teknologi pada operasional logistik. Di Indonesia telah ada Asosiasi Logistik Indonesia serta konsultan logistic yang bisa menjadi sumber informasi untuk menerapkan suatu sistem baru pada dunia logistik.  Namun jangan heran, jika pada situs konsultan logistik, teori dan situs ALI sendiri banyak berbeda jauh dengan kondisi “gudang” yang sebenarnya. Apa yang salah? Konsep Lean Warehouse yang saya tuliskan berbeda konten nya dengan tulisan Martin Murray di situs ALI. Konsep lean yang sama, ranah yang dikutip Murray adalah Supply Chain Management dan tulisan saya scope nya lebih kecil lagi, yaitu pada komponen Supply Chain Management yaitu “gudang”. Sekilas, minder sendiri membandingkan tulisan saya dengan tulisan Murray, tetapi hal itu membuat saya sebagai praktisi awam semakin termotivasi untuk mempraktekkan Konsep Lean ini (sungguh, menerapkan ini dalam SDM rendah sungguh sulit…. :) ). Jadi apakah Video tentang operasional logistik itu tidak dapat diterapkan di Indonesia? Saya percaya bisa, bahkan adopsi sesuai kultur Industri Indonesia bisa membuat operasional logistik yang lebih canggih lagi, sehingga dalam value stream Supply Chain Management bisa dikikis pemborosan-pemborosan yang ada.

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Jasa Kurir Motor Dalam Kota Sistem Langganan Bisa Bayar Belakangan Segera Gunakan Aplikasi Kurir GoGoEx Express Segera Hubungi 021 79199900 atau 0812 86608678.

Apa Saja Keuntungan Anda Menggunakan Jasa Kurir Motor Jakarta Melalui GoGoEx Express?

- Tarif Sangat Bersahabat. Hanya Rp 2.500/KM.
- Tarif Berlaku Untuk Pengiriman Same Day Service - Dijamin Sampai Pada Hari Yang Sama, Kurang Lebih Maksimum Dalam Waktu 5 Jam.
- Tarif Kurir Motor Berlaku untuk Pick Up dan Pengiriman ke seluruh area di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Bekasi, Tangerang, Depok.
- Transportasi Pengiriman Menggunakan Motor. Berat Barang yang dapat dikirim Maksimum Sampai Dengan 25 Kg. Kalau Dihitung Per Kg nya, berarti Sangat Murah Bukan?
- Anda Akan Dapat Lebih Berhemat Lagi, Bila Melakukan Order Multi Drop. Satu Kurir Motor Akan Melakukan Pengantaran Ke Beberapa Lokasi. Dijamin Akan Lebih Hemat.
- Minimum Order Adalah Rp 15.000 Per Setiap Alamat.
- Untuk Anda Sebagai Pelanggan Corporate Atau Anda Pebisnis Online, Manfaatkanlah Pembayaran Dengan Sistem Invoicing. Bisa Tempo 1 Minggu, 2 Minggu, 1 Bulan, Tergantung Permintaan Anda.
- Setiap Saat Anda Dapat Melakukan Monitoring, Pelacakan Status Pengiriman Barang Anda.
- Anda Akan Bisa Melihat Report Penggunaan Jasa Kurir Melalui GoGoEx Express Setiap Saat, Kapan Pun Cukup Akses Website GoGoEx Express.
- Invoice Akan Dikirimkan Ke Email Anda. Anda Dapat Langsung Print dan Melakukan Pembayaran Dengan Berbagai Metode Pembayaran Yang Anda Pilih.

Segera Hubungi Team CS GoGoEx Express Ke Nomor Telepon Di Profile Ini Untuk Order Jasa Kurir Express Jakarta Atau Anda Bisa Order Via Website GoGoEx Express Atau Download Aplikasi Nya di Google Play Store.

Atau Bila Anda Pemain Ecomerce, Kami Siap Integrasi API Yang Akan Memudahkan Proses Order Jasa City Courier Anda. Segera Kunjungi Kantor GoGoEx Express Di Jl Mampang Prapatan Raya No 81 Jakarta Selatan Telepon : 021 79199900 Dan WA : 0812 86608678 untuk setiap kebutuhan Jasa City Courier Jakarta .

Posting Komentar